Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Unik Beda! Penyu Hijau Raksasa Ikut Karnaval HUT RI 74 di Babakan Pangandaran

270

Pangandaran, (GoPang). Membuat hal unik dan berkesan pada gelaran karnaval perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) adalah kreasi warga. Pada perayaan HUT RI ke 74 ini, warga RW 07 Kampung Kalapatiga, membuat kreasi unik beda dan penuh pesan bermakna yaitu “PENYU HIJAU RAKSASA.”

“Sengaja kami membuat penyu hijau, ini unik dan beda,” kata Enda Louw pemuda kampung tersebut.

“Biasanya kan kalo acara Agustusan, khususnya pas karnaval. Kreasinya tank baja, kapal, mobil. Nah kalo penyu belum ada. Jadi kami coba membuat icon ini, supaya unik gitu,” kata Enda.

Dia juga menambahkan bahwa selain unik dan beda, pembuatan karakter penyu di kampungnya untuk karnaval HUT RI 74 di Desa Babakan, sarat makna dan pesan.

“Penyu hijau kan hewan langka, kita harus ikut menjaganya dari kepunahan. Makanya tema kami adalah “Love our Beach : Lindungi Kami dari Kepunahan,” jelas Enda saat ditemui disela-sela pembuatan penyu raksasa di RT 02 RW 07 Kampung Kalapatiga.

“Kami harap ini direspon oleh ibu Menteri Susi Pudjiastuti, beliau kan sangat tegas tentang urusan kelestarian laut, moga aja Ibu Susi respon dan memberi warga kami penghargaan,” pungkasnya sambil tertawa kecil penuh harap.

Dalam pengerjaannya, pembuatan penyu hijau tersebut dilakukan oleh sejumlah pemuda. Agus Encus bertindak sebagai desainer sekaligus arsitek, sedang yang lainnya mengikuti arahan, sesuai gambar yang telah didesain.

“Kami semua bekerja sama, ada yang memotong bambu, mengecat, mengikat dan lainnya, dan saat ini sudah finishing besok pas 17 Agustus 2019, kita ready,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pengerjaan karakter PENYU HIJAU memakan waktu sekitar satu minggu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.