Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalur Utama Pangandaran – Banjar

705

Pangandaran, (GoPang). Ribuan kendaraan terjebak kemacetan yang sangat padat di jalur utama Pangandaran menuju Banjar, Minggu (07/07/2019). Macet terjadi karena beberapa sebab, selain karena adanya buka tutup jalan di proyek jembatan di Lembah Putri Putrapinggan, juga karena volume kendaraan terutama wisatawan yang telah menghabiskan liburan di Pantai Pangandaran.

Kemacetan di Jalan Kidang Pananjung Pangandaran

Kemacetan terpantau mengular dari titik kawasan wisata, jalan kidang Pananjung- Jalan Merdeka – Jalan Raya Babakan hingga Putrapinggan, Kalipucang. Diperkirakan padatnya volume kendaraan sehingga menyebabkan macet tersebut, setelah tamu checkout dari hotel dan akan kembali pulang ke kota masing-masing. Karena banyaknya jumlah pengunjung yang serentak pulang meninggalkan Pangandaran, hal itulah yang menyebabkan penumpukan kendaraan di sepanjang jalur utama Pangandaran – Banjar.

Rekayasa lalu lintas dilakukan oleh pihak kepolisian dari Polsek Pangandaran. Kendaaraan tidak bisa langsung melintas melewati Bundaran Pangandaran, melainkan harus memutar terlebih dahulu, melalui jalan baru Taman Pesona.

Petugas Kepolisan Polsek Pangandaran tengah mengatur lalin di Bundaran Ikan

Terlihat beberapa polisi yang mengatur ketertiban lalu lintas di sekitar Bundaran Ikan Marlin Pangandaran, lokasi ini merupakan titik macet yang paling padat. Karena ada pertemuan kendaraan dari berbagai arah. Selain dari pihak kepolosian juga terlihat beberapa petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub), yang ikut serta bekerjasama mengatur lalu lintas sehingga normal kembali.

Petugas Dishub tengah mengatur lalin di sekitar Jalan Baru Taman Pesona

Kondisi macet di jalur utama Pangandaran dikeluhkan oleh Dadang, salah seorang sopir angkutan perdesaan atau lebih dikenal dengan Angkot. Ia mengatakan, ” Aduh kalo macet gini, hanya panas… penumpang tidak ada,” keluhnya.

Kemacetan di Bundaran Ikan Marlin Pangandaran

Masih dikatakan sopir tersebut, “Seandainya di Pangandaran ada jalan layang, atau paling tidak diperlebar jalannya, pasti tidak akan macet, Mang,” pungkas Dadang, yang ditemui kontributor saat terjebak macet di kawasan Bundaran Ikan Marlin Pangandaran.

Senada dengannya, salah seorang warga bernama Iman mengatakan, “Jalan alternatif yang bagus sangat diperlukan, sehingga jika jalur utama padat bisa dialihkan,” ucapnya.

Meski dalam suasana macet, sebagian wisatawan tetap merasakan keceriaan, terutama saat kontributor tengah meliput dengan memfoto kondisi lalu lintas. Mereka dengan senang hati, ingin difoto bahwa mereka senang bisa berlibur di Pangandaran, “Asyik Om, liburan di Pangandaran, foto dong,” pintanya. Setelah difoto wisatwanpun mengucapkan terima kasih dan tetap ingin berlibur lagi di Pangandaran.

Wisatawan sehabis berlibur di Pangandaran yang terjebak macet

Sebelumnya kemacetan parah juga terjadi di jalur Emplak – Kalipucang. Kemacetan tersebut imbas dari adanya buka tutup jalan di sekitar Putrapinggan Kalipucang, yaitu di jembatan Lembah Putri atau yang lebih dikenla oleh masyarakat sekitar dengan sebutan jembatan Viaduct.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.