Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Poltek KP Pangandaran dan BPBD, Gelar Sosialisasi dan Mitigasi Bencana

141

Pangandaran, (GoPang). Poltek KP Pangandaran Gelar Sosialisasi dan Mitigasi Bencana Pangandaran, Kamis (11/07). Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Mitigasi Kebencanaan bekerjasama dengan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan dilaksanakan di Lt.3 Gedung Rektorat dari pukul 09.00 sampai dengan selesai. Acara dibuka langsung oleh Pudir I Dr. Yaser Krisnafi,S.St.Pi, M.T.

Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen, pegawai dan taruna. Kegiatan sosialisasi didasari oleh betapa pentingnya mengantisipasi terjadinya bencana, dengan mengusung tema “Siap Tanggap Bencana, Bersama Saling Menjaga”.

Dr. Drs.H. Nana Ruhena, MM. selaku pemateri dari BPBD Kab. Pangandaran menjelaskan bahwa ada dua jenis mitigasi bencana yang bersifat struktural dan non-struktural.

Untuk mengantisipasi bencana alam yang bersifat struktural, bentuk mitigasi strukturalnya dengan menyiapkan bangunan yang tahan terhadap bencana, sehingga mampu mencegah, melindungi, dan menyelamatkan diri saat terjadi bencana, sebagai contohnya dengan membuat tanggul yang kokoh, shelter, jalur evakuasi, dan rambu-rambu evakuasi.

Sementara itu antisipasi terjadinya bencana yang bersifat non-struktural melalui upaya untuk meningkatkan kesadaran akan bencana, pengetahuan, sikap, perilaku dan kemampuan untuk menghadapi bencana. Beliau mengatakan bahwa Pangandaran merupakan daerah urutan ke 16 rawan bencana dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Namun, untuk se-Jabar ada di urutan ke-5.

Beliau juga menambahkan, bencana yang sering terjadi di Kabupaten Pangandaran di antaranya banjir, tanah longsor, angin kencang dan tsunami. Namun, dari deretan bencana yang mengancam itu, yang paling berbahaya adalah tsunami.

Untuk itu sosialisasi dan cepat tanggap terhadap bencana itu sangat penting di tingkat Pendidikan. Taruna PKPP selanjutnya melakukan kegiatan simulasi tanggap bencana yang dipandu langsung oleh Rano Harjaya perwakilan dari tim BPBD Provinsi Jawa Barat. Taruna diajarkan langsung bagaimana cara penyelamatan diri dari bencana gempa bumi, dan cara menyelamatkan korban bencana. Mereka juga berlatih evakuasi mandiri dengan skenario Simulasi Gempa bumi Kuat untuk Gedung Bertingkat. (psp)

Source: YouTube Poltek KP Pangandaran

2 Komen
  1. Iwan berkata

    Mantap

    1. Eka Aryanto berkata

      Ok terima kasih

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.