Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Pangandaran Macet, Ternyata Ini Penyebabnya!

679

Pangandaran, (GoPang). Sejumlah kendaraan terpantau mengular sepanjang jalan Raya Babakan hingga Putrapinggan Kalipucang, Rabu (3/7). Kemacetan tersebut terpantau terjadi sejak pukul 12.00 WIB hingga  malam.

Beberapa pengendara kebanyakan belum mengetahui penyebab terjadinya antrian kendaraan tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Pa Ahamd, salah seorang wisatawan yang hendak pulang, “Saya tidak tahu kenapa kok bisa macet begini, biasanya lancar-lancar saja,” ungkapnya heran.

Ditemui kontributor, para petugas lapangan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pangandaran menjelaskan, bahwa antrian kendaraan terjadi dikarenakan sedang ada pelebaran jembatan. Yaitu jembatan Lembah Putri Putrapinggan atau yang lebih dikenal dengan Viaduct Monyet. “Ini sedang terjadi pelebaran jembatan, jadi kami lakukan buka tutup jalan, agar kendaraan proyek bisa masuk membawa material dengan lancar,” jelasnya.

Petugas mengatur lalu lintas kendaraan agar lancar

Masih dikatakan petugas di lapangan, bahwa buka tutup jalan berlangsung selama 24 jam. “Kami bertugas selama 24 jam untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar,” pungkasnya. Demi lancarnya arus lalu lintas dari dan menuju Pangandaran, selain dari Dishub, terlihat juga Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), serta warga pekerja yang ikut membantu.

Macet di sekitar SPBU Putrapinggan

Pantauan di lapangan, antrian kendaraan mengular sepanjang 2 km, yaitu dari Lembah Putri di Putrapinggan Kalipucang hingga sebelum SPBU Babakan Pangandaran. Selain mengular di jalur jalan raya Babakan, kemecetan juga terjadi di sekitar jalan Emplak.

Macet di jembatan baru Ciputrapinggan

Sebagian pengguna jalan mengeluhkan pengerjaan proyek tersebut masih dalam suasana liburan, mereka berpendapat jika saat liburan lalu lintas Pangandaran dipastkan ramai, dan bisa terjadi macet. Seperti yang diungkapkan oleh Irfan (30) salah seorang pengguna jalan yang ikut terjebak macet. “Sebaiknya masa liburan itu diusahakan lalu lintas lancar, pengerjaan bisa dilakukan setelah libur, jadi tidak akan macet,” ungkapnya.

Selama proses pembongkaran atau pelebaran Jembatan Putrapinggan di Lembah Putri dikerjakan. Para pengguna jalan akan melewati jembatan darurat (bailey) yang berada di sebelahnya. Maksimal kendaraan yang bisa melewati jembatan tersebut adalah yang bertonase 20 ton.

Mengingat lokasi ini merupakan tanjakan atau turunan yang cukup tajam, para pengguna kendaraan besar disarankan untuk ekstra hati-hati dalam menjalankan kendaraanya terutama saat menanjak.

Live situasi macet akibat buka tutup jalan di Lembah Putri Putrapinggan Pangandaran

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.