Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Panen di Sawah Pangandaran, Petani: Kemarau, hasil padi menurun

158

Pangandaran (GoPang) . Sejumlah petani Pangandaran tengah memanen padi, terlihat beberapa pekerja yang sibuk membawa peralatan panennya, Kamis (08/08).

Lokasi sawah berada di Sawah Babakan Pangandaran.

Kegiatan panen di sawah ini sudah berlangsung satu minggu. “Bulan-bulan ini sudah hampir seminggu sawah Pangandaran mulai panen,” tutur Muhamdan saat ditemui di sawah Babakan.

Biasanya hasil panen bisa mencapai 5 kwintal per 100 batanya namun kali ini diperkirakan menurun. “Sehubungan dengan musim kemarau, panen kali ini disebut panen sadon. Panen sadon artinya hasil panen menurun, yang tadinya per 100 bata dapat 5 kwintal, menjadi hanya 3-4 kwintal saja.” kata petani itu.

Masih dikatakannya ada beberapa istilah dalam kebiasaan panen padi di sawah Pangandaran. Yaitu Gadeng dan Nyeblok. Gadeng cenderung terburu-buru, siapapun bisa ikut memanen padi. Sedangkan Nyeblok lebih santai (tumaninah), dan yang memanen hanya orang yang bekerja ikut menggarap sawah tersebut.

Wawancara dengan Petani di Sawah Pangandaran

Musim panen padi di Pangandaran biasanya berlangsung 3-4 minggu. Petani berharap cuaca akan sejuk, tidak panas maupun tidak hujan, agar tenaga tidak terlalu terporsir.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.