Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Landscape: Jembatan Cikacepit, Cipamotan Pangandaran

161

Ok … Gaes ketemu lagi bareng saya dalam kolom Landscape. Kali ini ada pemandangan yang cute abis gaes, nuansa classic bakal kita rasakan jika kita berada di tempat ini. Classic bukan sembarang classic, tapi sebuah pemandangan yang mewah karena memang di tempat ini menyimpan sejarah peradaban yang panjang. Inilah jembatan Cikaecpit, yang terletak di Cipamotan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jembatan Cikacepit di bangun oleh belanda pada tahun 1913 – 1916 atau sekitar 3 tahun lebih, dengan dana yang tidak sedikit, yaitu sekitar 9.000.000 golden. Bridge  yang bener-bener megah ini menyambungkan dua bukit, dengan melewati lembah yang curam dan dalam. Panjang jembatan ini mencapai 310 meter, sedangkan tingginya sekitar 38 meter. Baja merupakan kerangka dari jembatan ini, sehingga meskipun sudah hampir satu abad, masih terlihat kokoh meski tanpa rel yang tersisa.

Dalam dokumen-dokumen Belanda di beberapa situs arsip nasionalnya. Mereka menamai jembatan ini dengan sebutan Tjipamotan (baca:Cipamotan). Ada beberapa foto yang bisa kita lihat, bagaimana canggihnya teknologi pada waktu itu, untuk menciptakan sebuah bangunan fenomenal di tengah-tengah hutan yang masih gaptek Gaes. Coba kita lihat foto jadulnya.

Kontruksi Baja Jembatan Pada Masa Belanda

Kebayangkan Gaes! Pada waktu itu teknologi udah maju banget. Amazing lah. 

Tempat ini sering banget didatengin oleh para pencinta kereta. Ribuan orang telah hadir untuk melihat dan mendokumentasikan suasana saat berada di jembatan baja tersebut. Untuk itu sayapun mengambil gambar ketika berada di tempat ini. Saat liat hasilnya, memang benar-benar epic Gaes. Ok… semuanya demikian perjalanan saya di hari ini, sampai jumpa lagi di Landscapenya Pangandaran berikutnya. See you next time.

Berfoto dengan latar jembatan Cikacepit Pangandaran
2 Komen
  1. Eka Aryanto berkata

    Gening keren nya…

  2. Min berkata

    Matep bosqu

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.