Go Pangandaran News
Home of Pangandaran Citizen Journalist

Hajat Laut Pangandaran 2019 Digelar Ini Rangkaian Acaranya

828

Pangandaran (GoPang). (28/08) Hajat Laut adalah salah satu budaya lokal Nelayan Pangandaran yang digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah-Nya terutama hasil laut.

Hajat Laut atau juga bisa disebut syukuran nelayan di Pangandaran biasa dilaksanakan setiap bulan Muharam. Pelaksanaanya dilakukan oleh Nelayan Pangandaran yang tergabung dalam HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia), dan didukung oleh Pemkab Pangandaran serta Pemprov Jawa Barat.

Untuk pelaksanaan hajat laut tahun ini sebagaimana dalam baligo yang terpasang di jalan umum. Bahwa pelaksanaan rangkaian Hajat Laut Pangandaran 2019 ada beberapa acara. Diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Pagelaran Wayang Golek 
  • Konser Musik Religi
  • Karnaval Seni Budaya, dan
  • Pagelaran Kesenian Daerah

Untuk Pagelaran wayang golek akan mengundang Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya (Putra Dalang Kondang Asep Sunandar Sunarya) dari Giri Harja Putra 3 – Kota Bandung.

Waktu & Lokasi Acara

Adapun pelaksanaan acara Hajat Laut yaitu pada Sabtu – Minggu, 31 Agustus s.d. 1 September 2019 / 1 Muharram 1441 Hijriyah. Tempat pelaksanaannya akan dipusatkan di Lapang Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran.

Sementara untuk daerah lainnya nantinya masih akan digelar Pesta Rakyat Hajat Laut yang dilaksanakan di 10 lokasi, yaitu di Pantai Timur Pangandaran (31/8 – 1/9), Pantai Barat Pangandaran (6/9), Pantai Karapyak (15/9), Pantai Majingklak (21/9), dan Pantai Nusawiru Cijulang (4/9). Kemudian di Pantai Batukaras (29/9), Pantai Bojongsalawe (10/9), Pantai Madasari (17/9), Muaragatah (25/9), dan Green Canyon (23/9).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.